Mengenal Cyber Security

Selain mengenal istilah Cyber Crime, kita juga mengenal adanya istilah Cyber Security. Semakin canggihnya teknologi, masing- masing individu membutuhkan perlindungan yang ketat dari serangan siber.

Dalam hal lalu lintas transfer data misalnya, berbagai resiko keamanan dan kejahatan dunia maya bisa mengancam. Jika tidak waspada, kita bisa menjadi korban pencurian dan penyalahgunaan data.

Menurut CISCO, cyber security adalah proses perlindungan data, sistem, jaringan, dan program dari ancaman serangan digital.

Sedangkan secara umum, pengertian dari Cyber Security adalah tindakan yang pengguna lakukan untuk melindungi sistem komputer dari serangan atau akses ilegal.

Serangan ilegal ini biasanya dilakukan oleh pihak tak bertanggungjawab dengan berbagai metode. Misalnya saja mengakses informasi sensitif dan mencurinya, atau mengubah dan menghancurkan data penting.

Ada berbagai motif dalam serangan ini, mulai dari unsur politik, persaingan bisnis, atau pemerasan uang untuk kepentingan pribadi.

Beberapa orang sering menganggap bahwa cybersecurity dan information security (InfoSec) itu sama. Namun, keduanya berbeda.

InfoSec merupakan elemen penting dari cyber security, yang secara khusus bekerja menangani keamanan data. Sedangkan Cyber Security adalah induk atau payung besar dari InfoSec dan beberapa elemen lain.

Konsep Cyber Security mengacu pada tiga poin yang terkenal dengan sebutan CIA Triad. Tiga poin tersebut adalah confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan) informasi.

Selanjutnya, CIA Triad menjadi model keamanan yang dikembangkan untuk membantu manusia dalam memikirkan berbagai faktor keamanan dalam teknologi informasi.

sumber: pandagila.com

Leave a Comment

Related Blog

Sign up for our newsletter to stay up to
date with tech news!